>>
STUDEPRENEUR STIE EKUITAS

PROGRAM STUDEPRENEUR STIE EKUITAS

 

Studepreneur ekuitas1Tuntutan liberalisasi perdagangan yang diwarnai dengan berbagai bentuk kesepakatan baik di tingkat liberal, regional maupun multilateral telah membawa dampak positif dalam menghilangkan berbagai hambatan perdagangan antar negara. Disamping perjanjian bilateral (FTA) yang telah dilakukan, tahun 2015 Indonesia akan ikut serta dalam Asean Community.  Kondisi ini berimplikasi langsung pada ketatnya tingkat kompetisi dan daya saing produksi dalam negeri. Kondisi persaingan yang semakin menajam dan dibarengi dengan terbukanya akses pada seluruh sumberdaya bagi seluruh pihak tidak lagi dapat terhindarkan, sehingga kompetisi antar perusahaan, cepat atau lambat akan mengarah kepada kompetisi perusahaan dalam melakukan pengelolaan sumberdaya internalnya, khususnya pada kompetensi-kompetensi unik dan khas yang membedakan mereka dari perusahaan-perusahaan pesaing.

Dalam kaitan inilah, Wirausaha Baru sebagai pilar strategis yang senantiasa menciptakan peluang usaha  bagi tumbuhnya ekonomi sudah merupakan kewajiban untuk memasuki wilayah penguatan Wirausaha Baru tersebut. Wirausaha Baru membutuhkan “sesuatu” yang mampu menjadi alat dalam memperoleh, mempertahankan dan mengembangkan “core competency” yang mampu memperkuat dan meningkatkan “nilai wirausaha” di mata stakeholdernya. Dituntut wirausaha baru  yang memiliki sikap sebagai seorang Intrapreneur dengan  mental pemenang, selalu meningkatkan dan mengembangkan diri (Continous Improvement) dan selalu mau terus belajar tentang hal-hal baru (Learning Culture), berpikir dan bertindak yang tidak standar dan generik (Thinking Out of The Box), paradigma yang fleksibel dan terbuka (Open Mind), memiliki etos kerja unggul, kreatif dan inovatif, dan selalu memiliki motivasi berprestasi yang optimal dan didukung oleh mental dan motivasi the winner dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis di era global yang unpredictable dan seba cepat.

Kabupaten/desa sebagai sebuah entitas  kedepan harus diperankan sebagai pusat-pusat pertumbuhan ekonomi sehingga disparitas kota dan kabupaten/desa semakin kecil. Dalam mencapai tujuan tersebut perlu dilahirkan dinamisator sebagai penggerak yang kreatif, inovatif dan terbiasa dengan suasana persaingan. Atas dasar tersebut diatas kami menggagas adanya program penumbuhan WIRAUSAHA BARU melalui program Studepreneur kerjasama STIE EKUITAS dan KADIN Jabar sebagai penghasil wirausaha baru yang siap menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi Jawa Barat. Pada tahap awal program akan difokuskan kepada mahasiswa serta 2 (dua) bidang usaha yaitu Kuliner dan Fashion. Selanjutnya akan dilakukan  penyempurnaan program yang akan dikembangkan pada non mahasiswa dengan bidang usaha lainnya.

TUJUAN PROGRAM STUDEPRENEUR

  1. Menghasilkan sarjana – wirausaha (studepreneur)  yang siap kembali ke daerah asal (kabupaten /desa) dan membangun ekonomi daerah  asal dengan pengetahuan dan  ketrampilan yang dimiliki selama pendidikan.
  2. Mendorong tumbuhnya  wirausaha baru dengan menyebarkan pengetahuan yang dimiliki untuk memajukan desanya atau  membagikan ilmunya kepada generasi muda lainnya yang kurang beruntung di kabupaten /desa.
  3. Meningkatkan kepedulian mahasiswa untuk pulang dan membangun (kabupaten /desa) nya setelah lulus sarjana. Tidak harus mencari kerja di kota.
  4. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi (kabupaten/desa) yang juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di tingkat provinsi dan  nasional
  5. Menekan jumlah kemiskinan, pengangguran dan arus urbanisasi dari  desa ke kota atau mencari pekerjaan di luar negeri tanpa keahlian.
  6. Mengembangkan kerjasama bisnis atau mencari investor menanamkan dananya di kabupaten/desa sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  7. Dapat di replikasi untuk mengembangkan program sejenis di kabupaten/desa lainnya atau provinsi lainnya.
  8. Meningkatkan produktivitas generasi muda kabupaten/desa.

DESKRIPSI program Studepreneur

Program Studepreneur adalah program yang dirancang oleh STIE EKUITAS dan KADIN Jabar untuk menghasilkan wirausaha baru dari para mahasiswa melalui hasil seleksi yang siap memasuki pasar dengan dibekali pengetahuan dan pendampingan.

Dalam pelaksanaannya Program Wirausaha Baru ini adalah sebagai system-proses, sehingga terdapat beberapa item yang meliputi :

  1. Tenant, yaitu : wirausahawan yang prospektif sebagai hasil seleksi.
  2. Fasilitas yang diperlakukan untuk operasional dan untuk layanan kepada tenant.
  3. Staff Manajemen terlatih yang berperan sebagai fasilitator atau trainer/konsultan bagi para tenant.
  4. Kurikulum pendidikan manajemen, teknis atau kewirausahaan sesuai dengan kebutuhan tenant.
  5. Metode studepreneur (pelatihan, konsultasi, pendampingan, advokasi dsb) yang tepat untuk menyampaikan kurikulum  kepada para tenant.
  6.  Lingkungan lokal (kabupaten /desa) yang merupakan tempat / masyarakat dimana bisnis tersebut akan dijalankan.
  7. Output yaitu tenant yang telah lulus dari program studepreneur, mendapat sertifikat  dan siap menjadi wirausaha baru.

Sumber: Studepreneur STIE EKUITAS

BERITA STUDEPRENEUR

STIE Ekuitas dikunjungi oleh duta besar Fizi untuk Indonesia

Pada hari Kamis tanggal 4 April 2013, STIE Ekuitas dikunjungi oleh duta besar Fizi untuk Indonesia.  Kunjungan tersebut merupakan bentuk ketertarikan pemerintah Fizi pada program inovatif STIE Ekuitas yaitu program STUDEPRENEUR.  Kedatangan duta besar Fizi disambut langsung oleh Ketua STIE Ekuitas Prof. Ina Primiana yang juga merupakan penggagas program STUDEPRENEUR.

Kunjungan Duta Besar Fiji

PEMBUKAAN PROGRAM STUDEPRENEUR ANGKATAN KE-3

Studepreneur_ekuitas

Diskusi

Belum ada komentar.

Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Informasi Lainnya

Masukkan Alamat email anda untuk mengikuti Blog ini dan anda akan menerima tulisan terbaru lewat email (Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.)

Bergabunglah dengan 207 pengikut lainnya

Flag Counter

STIE EKUITAS Blog telah di Klik

  • 134,894 Kali
%d blogger menyukai ini: