>>
Berita Keuangan & Perbankan

Rating 120 Bank versi Infobank


Rating BankKinerja keuangan bank yang baik tidak bisa dimungkiri memerlukan tata kelola perusahaan yang baik pula. Untuk itu Infobank membuat Rating 120 Bank, yang diharapkan bisa memacu kinerja bank lebih baik lagi di masa depan.

Jakarta–PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menerima peringkat tertinggi dalam “Rating 120 Bank” yang digelar Infobank. Kinerja keuangan perseroan dinilai paling ciamik dari seluruh bank di Tanah Air.

“BTPN memeroleh rating tertinggi selama penyelenggaraan Rating 120 Bank oleh Infobank. Nilainya nyaris 100,” ujar Direktur Biro Riset Infobank Eko B. Supriyanto, dalam konferensi pers “Rating 120 Bank Versi Infobank”, di Jakarta, Senin, 3 Juni 2013.

Ia menjelaskan, sebagaimana dirilisnya aturan Kegiatan Usaha dan Jaringan Kantor Berdasarkan Modal Inti atau yang akrab disebut aturan multiple license oleh Bank Indonesia, pengelompokkan bank untuk rating berubah berdasarkan besarnya modal yang diatur ke dalam empat kelompok bank.

“Dulu rating berdasar Arsitektur Perbankan Indonesia (bank persero, bank campuran, bank asing, bank umum swasta devisa, bank umum swasta non devisa dan bank pembangunan daerah), sekarang berdasarkan aturan buku. Buku 1 dengan modal di bawah Rp1 triliun, Buku 2 modal Rp1 triliun sampai Rp5 triliun, Buku 3 modal Rp5 triliun sampai Rp30 triliun, dan Buku 4 di atas Rp30 triliun,” tukasnya.

Dari keseluruhan 120 bank, BTPN meraih nilai tertinggi mengingat kinerja keuangan yang sangat ciamik selama 2012, dengan perolehan laba bersih sebesar Rp2 triliun, meningkat 41,4% dibanding Rp1,4 triliun pada tahun sebelumnya.

Sementara khusus empat bank dalam kelompok Buku 4 atau dengan modal inti paling tebal di antara 120 bank, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berhasil menjadi nomor satu di atas PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Tidak bisa dimungkiri, kinerja keuangan BRI membuat bank yang fokus di segmen UMKM dan raja jaringan di Tanah Air ini mampu menjadi bank pencetak laba terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

Secara umum perkembangan aset, kredit, dana pihak ketiga (DPK) dan laba-rugi menjadi penilaian dalam proses pemeringkatan tersebut. Begitu pun dari berbagai rasio keuangan bank seperti pendapatan berbanding aset (ROA), pendapatan berbanding modal (ROE), beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO), marjin bunga bersih (NIM), rasio intermediasi (LDR), kredit macet (NPL) dan rasio kecukupan modal (CAR).

“Hasil riset Infobank ini proses yang sangat baik untuk mengingatkan perbankan menjaga kinerjanya,” ucap Direktur Utama BTPN Jerry Ng pada kesempatan yang sama. (*)

Sumber: InfoBankNewsdotcom

About Admin Blog

Seorang Karyawan Administrasi yang ingin berbagi informasi tentang kampus STIE EKUITAS serta informasi lainnya yang (mungkin) bermanfaat bagi pembaca....ORANG KREATIF = ORANG SUKSES

Diskusi

Belum ada komentar.

Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Informasi Lainnya

Masukkan Alamat email anda untuk mengikuti Blog ini dan anda akan menerima tulisan terbaru lewat email (Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.)

Bergabunglah dengan 207 pengikut lainnya

Flag Counter

STIE EKUITAS Blog telah di Klik

  • 134,894 Kali
%d blogger menyukai ini: