>>
Berita Keuangan & Perbankan

BJB Fokus Kebut Kredit Konsumer pada Semester Dua


Bank bjbJakarta–PT Bank Jabar dan Banten Tbk (BJB) akan menggeser alokasi penyaluran kredit ke segmen konsumer untuk menyiasati perlambatan ekonomi dan meningkatnya inflasi setelah harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi pada 22 Juni lalu.

“Ekspansi kita teruskan secara selektif. Khususnya kita mengalokasikan ekspansi itu semester dua ini berubah dari komersial ke konsumer dan KPR,” ujar Direktur Utama BJB Bien Subiantoro, kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2013.

Ia menjelaskan, kredit konsumer perseroan sekarang sudah mencapai Rp26,8 triliun, melampaui target awal sebesar Rp26,2 triliun pada akhir tahun 2013. Demikian, lanjut Bien, pihaknya melakukan revisi target kredit konsumer menjadi Rp29 triliun.

“Kita revisi dari komersial lari ke konsumer. Konsumer itu bukan KPR saja, kredit multi guna BJB juga ada. KPR targetnya Rp3 triliun, Juni kemarin sudah hampir mencapai Rp3 triliun. Makanya targetnya kita naikkan jadi Rp4 triliun,” tuturnya.

Sementara dengan adanya kenaikan inflasi, BJB belum akan menaikkan suku bunga kredit karena memertimbangkan biaya operasional dari para nasabah atau debitor yang meningkat. Kenaikan suku bunga pinjaman dikhawatirkan malah akan mendongkrak risiko kredit bermasalah (NPL).

“Kita sampai saat ini belum berencana naikkan bunga kredit. Karena sekarang ini beban debitor kami sudah ada kenaikan BBM, kenaikan inflasi itu artinya biaya operasional debitor kan naik. Nah kalau kita tambah lagi beban bunga kreditnya naik, nanti malah gagal, jadi NPL. Kalau jadi NPL malah tidak bayar, banknya tidak dapat apa-apa, akhirnya kita tahan dulu, tidak naikkan bunga kredit,” terang Bien.

Secara keseluruhan, lanjutnya, total kredit perseroan bersama dengan BJB Syariah mencapai Rp41 triliun pada akhir Juni 2013, sementara total dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp49 triliun. (*)

Sumber: infobanknewsdotcom

About Admin Blog

Seorang Karyawan Administrasi yang ingin berbagi informasi tentang kampus STIE EKUITAS serta informasi lainnya yang (mungkin) bermanfaat bagi pembaca....ORANG KREATIF = ORANG SUKSES

Diskusi

Belum ada komentar.

Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Informasi Lainnya

Masukkan Alamat email anda untuk mengikuti Blog ini dan anda akan menerima tulisan terbaru lewat email (Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.)

Bergabunglah dengan 207 pengikut lainnya

Flag Counter

STIE EKUITAS Blog telah di Klik

  • 134,894 Kali
%d blogger menyukai ini: