>>
Berita Keuangan & Perbankan

Hanya di Indonesia Menabung Dapat Bunga


DepositBandung–Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) menilai sangat tidak tepat bila masyarakat mencari keuntungan lewat tabungan. Ketua Umum Perbanas Sigit Pramono bahkan dengan gamblang mengatakan, hanya di Indonesia menabung bisa memeroleh bunga.

“Kalau mau cari untung ya jangan di tabungan karena memang konsep tabungan adalah bagaimana masyarakat menitipkan dananya untuk menjaga nilai yang ada. Di Jepang pun bunga tabungan itu nol persen. Di beberapa negara lain bahkan untuk menabung seorang nasabah harus membayar biaya administrasi,” ujarnya di Bandung, Jawa Barat, Jumat, 6 Juli 2013.

Menurutnya, hanya di Tanah Air produk tabungan diiming-iming dengan bunga, karena budaya menabung masyarakat Indonesia yang masih sangat rendah. Karena bunga hanya merupakan stimulus, lanjut Sigit, maka produk tabungan memang tidak menjanjikan keuntungan.

“Kalau mengharapkan keuntungan (masyarakat) bisa menempatkan dana di pasar modal, seperti saham dan obligasi dengan keuntungan yang cukup signifikan,” tukasnya.

Memberikan bunga tabungan yang tinggi, lanjutnya, akan membuat suku bunga kredit di Indonesia tetap tinggi karena menjadi beban bagi bank, yang juga masih harus mengeluarkan biaya operasional yang tidak kecil. Kendati tidak merekomendasikan pemberian bunga tabungan yang tinggi, namun Sigit berharap masyarakat tetap memanfaatkan produk tabungan.

“Kita harus sama-sama tempatkan fungsi tabungan sesuai karakternya, yaitu untuk menitipkan dana berlebih agar bisa digunakan kepada pihak yang membutuhkan dalam bentuk kredit,” tandasnya. (*)

Sumber: infobanknewsdotcom

About Admin Blog

Seorang Karyawan Administrasi yang ingin berbagi informasi tentang kampus STIE EKUITAS serta informasi lainnya yang (mungkin) bermanfaat bagi pembaca....ORANG KREATIF = ORANG SUKSES

Diskusi

Belum ada komentar.

Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Informasi Lainnya

Masukkan Alamat email anda untuk mengikuti Blog ini dan anda akan menerima tulisan terbaru lewat email (Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.)

Bergabunglah dengan 207 pengikut lainnya

Flag Counter

STIE EKUITAS Blog telah di Klik

  • 134,894 Kali
%d blogger menyukai ini: