>>
Berita Keuangan & Perbankan

Perbankan Syariah Indonesia Lebih Dilirik Daripada Malaysia


Infobanknews_Perbankan SyariahJakarta–Bank Indonesia (BI) menyatakan banyak investor asing terus melirik potensi perbankan syariah di Tanah Air. Tidak tanggung-tanggung karena beberapa investor bahkan sudah melakukan due diligence.

“Mereka lebih menyukai Indonesia karena potensi perbankan syariah masih besar. Sementara di Malaysia sudah jenuh,” tukas Direktur Departemen Perbankan Syariah BI Ahmad Buchori, kepada wartawan di Gedung BI, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2013.

Berbagai opsi diambil investor asing untuk masuk mengembangkan bank syariah di Tanah Air, mulai penyertaan saham maupun akuisisi bank konvensional kecil untuk dikonversi menjadi bank syariah.

“Mereka sudah berkomunikasi dengan bank sentral bahkan beberapa di antaranya sudah melakukan due diligence,” ucap Achmad.

Investor asing melihat potensi perbankan syariah sangatlah besar, karena total asetnya masih kecil, baru sekitar 5% dari total aset industri perbankan secara keseluruhan. Pertimbangan lain tentunya karena mayoritas penduduk di Tanah Air adalah Muslim, yang menempatkan Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia.

Meski tidak mengatakan siapa-siapa saja investor asing yang berniat masuk ke pasar perbankan syariah di Indonesia, namun Achmad menyatakan jumlahnya tidak sampai lima. Beberapa di antaranya hadir dalam Seminar Perbankan Syariah Internasional yang digelar di Bali beberapa minggu lalu.

“Bahkan Dubes Kuwait sudah bertanya ke kami, ada tidak bank yang dijual. Kami jawab silahkan cari sendiri karena BI bukan makelar,” tutupnya. (*)

Sumber: Infobanknews.com

About Admin Blog

Seorang Karyawan Administrasi yang ingin berbagi informasi tentang kampus STIE EKUITAS serta informasi lainnya yang (mungkin) bermanfaat bagi pembaca....ORANG KREATIF = ORANG SUKSES

Diskusi

Belum ada komentar.

Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Informasi Lainnya

Masukkan Alamat email anda untuk mengikuti Blog ini dan anda akan menerima tulisan terbaru lewat email (Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.)

Bergabunglah dengan 207 pengikut lainnya

Flag Counter

STIE EKUITAS Blog telah di Klik

  • 134,894 Kali
%d blogger menyukai ini: