>>
Berita Keuangan & Perbankan

Paket Kompensasi Kenaikan BBM Rp27,9 Triliun


Infobanknews_Paket Kompensasi BBMJakarta–Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) yang terdiri dari Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengaku telah mengambil langkah-langkah strategis untuk menjaga stabilitas keuangan.

Koordinator Sekretariat FKSSK Bambang Brodjonegoro, dalam keterangan pers-nya, di Jakarta, Jumat, 14 Juni 2013, mengatakan, secara keseluruhan kondisi stabilitas sistem keuangan tetap terjaga, meskipun terdapat tekanan akhir-akhir ini.

“FKSSK akan terus mengambil langkah-Iangkah koordinasi yang diperlukan. Misalnya, dari dari kebijakan flskal, pemerintah bersama DPR telah memasuki tahap-tahap akhir pembahasan APBN-P 2013,” jelas Bambang.

Ia menambahkan, beberapa kebijakan strategis yang telah disepakati antara lain adalah asumsi makro yang akan dipergunakan sebagai acuan dalam menyusun postur APBN, peningkatan target jumlah pendapatan negara, serta pengurangan alokasi jumlah subsidi.

Kesepakatan tersebut antara lain menetapkan target defisit dalam RAPBN-P 2013 menjadi 2,38% terhadap PDB dari rencana sebelumnya sebesar 2,48%. Tambahan target jumlah penerbitan Surat Berharga Negara dalam RAPBN-P 2013 setidaknya berkurang sekitar Rp9,5 triliun dari usulan revisi semula. DPR juga telah menyetujui paket kompensasi kepada masyarakat untuk memitigasi dampak kenaikan BBM dengan anggaran sebesar Rp27,9 triliun,” urai Bambang.

Sementara itu, paket kompensasi antara lain terdiri dari Bantuan Langsung Sementara Masyarakat Rp9,32 triliun, Program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S) Rp12,6 triliun dan Program Infrastruktur Dasar sebesar Rp6 triliun. BLSM akan diberikan kepada 15,5, juta rumah tangga sasaran dengan nominal sebesar Rp150.000 per bulan selama 4 bulan. Pembahasan RAPBN-P 2013 diharapkan dapat diselesaikan sesuai jadwal pada 17 Juni 2013.

Dari sisi pasar Surat Berharga Negara, Pemerintah telah melaksanakan hal-hal sebagai berikut:

1. meningkatkan komunikasi dengan pelaku pasar dan stakeholders pasar SBN;
2. melakukan pembelian SBN di pasar sekunder apabiJa diperlukan;
3. mengaktifasi mitigasi krisis pasar SBN melalui Bond Stabilization Framework (BSF).

Bambang menjelaskan, dalam kaitannya dengan kebijakan moneter, BI memperkuat langkah-langkah menjaga stabilitas moneter dan nilai tukar rupiah termasuk memastikan kecukupan pasokan valas. BI juga melakukan pembelian SBN di pasar sekunder untuk mendukung stabilitas pasar keuangan.

Langkah-langkah stabilisasi BI tersebut didukung pula dengan kebijakan menaikkan Deposit Facility (DF) rate sebesar 25 bps menjadi 4,25% berlaku 12 Juni 2013 serta BI rate sebesar 25 bps menjadi 6% berlaku 13 Juni 2013.

Pada saat yang sarna Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga menaikkan suku bunga penjaminan sebesar 25 bps.
Sementara itu, dari sisi pasar modal, OJK mencermati perkembangan di pasar saham dalam beberapa hari terakhir dan berkoordinasi dengan otoritas moneter dan fiskal untuk menjaga kondisi pasar dan stabilitas sistem keuangan.

“Pada dasarnya dalam lima tahun terakhir perkembangan pasar modal Indonesia yang terbaik di atas negara-negara berkembang dan terus menunjukkan peningkatan kinerja para emitennya,” kata Bambang. (*)

Sumber: Infobanknews.com

About Admin Blog

Seorang Karyawan Administrasi yang ingin berbagi informasi tentang kampus STIE EKUITAS serta informasi lainnya yang (mungkin) bermanfaat bagi pembaca....ORANG KREATIF = ORANG SUKSES

Diskusi

Belum ada komentar.

Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Informasi Lainnya

Masukkan Alamat email anda untuk mengikuti Blog ini dan anda akan menerima tulisan terbaru lewat email (Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.)

Bergabunglah dengan 207 pengikut lainnya

Flag Counter

STIE EKUITAS Blog telah di Klik

  • 134,894 Kali
%d blogger menyukai ini: