>>
Berita Keuangan & Perbankan

DP Tambahan Kredit Properti Masih Dikaji


Oleh Annisa Aninditya Wibawa – Rabu, 29 Mei 2013 | 14:16 WIB

1961851357pTingginya pertumbuhan kredit properti, membuat Bank Indonesia (BI) pernah menyampaikan akan memberlakukan Loan to Value (LTV) tambahan untuk segmen ini.

Namun, hal tersebut masih dalam proses pengkajian karena adanya dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kami masih menunggu kepastian yang akan ditempuh pemerintah mengenai kebijakan subsidi BBM,” sebut Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo, di Hotel JW Marriott, Rabu, (29/5).

BI masih menunggu kebijakan yang ditempuh antara pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengenai revisi anggaran, kemudian apa dampaknya terhadap kenaikan harga BBM.

Setelah itu, BI akan melihat efek kenaikan harga BBM tersebut terhadap perekonomian Indonesia. Barulah, nanti BI akan melihat dampaknya terhadap kredit properti.

Perry bilang, bila pertumbuhan ekonomi menurun karena harga BBM naik, ini kemungkinan akan membuat penurunan kredit properti. “Itu yang harus kami lihat,” jelas Perry.

Ia menyadari bahwa kredit properti ini tumbuh tinggi di berbagai daerah. Daerahnya pun tidak hanya di Jakarta, tapi hampir di semua kota besar lain di Indonesia.

Meski begitu, Perry mengaku bahwa BI belum membahas opsi misalnya berapa peningkatan LTV yang hendak diberlakukan bila BBM tidak jadi naik. Ia hanya mengatakan bahwa yang baru dikaji yaitu penerapannya untuk pembelian rumah kedua, ketiga, dan seterusnya.

“Tapi tunggu saja. Saya tidak mau bicara detailnya. Cuma arahannya seperti itu,” ujar Perry.

Sumber : http://keuangan.kontan.co.id

About Admin Blog

Seorang Karyawan Administrasi yang ingin berbagi informasi tentang kampus STIE EKUITAS serta informasi lainnya yang (mungkin) bermanfaat bagi pembaca....ORANG KREATIF = ORANG SUKSES

Diskusi

Belum ada komentar.

Comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Informasi Lainnya

Masukkan Alamat email anda untuk mengikuti Blog ini dan anda akan menerima tulisan terbaru lewat email (Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.)

Bergabunglah dengan 207 pengikut lainnya

Flag Counter

STIE EKUITAS Blog telah di Klik

  • 134,894 Kali
%d blogger menyukai ini: